IPOL.ID- Bagi kaum generasi Z yang merupakan salah satu generasi termuda saat ini, tentunya sudah sangat akrab dengan kecanggihan teknologi termasuk dalam menggunakan Smartphone.
Fakta tersebut diaminkan oleh Avrilia (16) remaja kelas 2 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wilayah Jakarta Selatan Jum’at (25/02), Avril sendiri ternyata adalah peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).
“Kepesertaan BPJS Kesehatan saya itu yang bayar perorangan setiap bulannya dengan kelas rawat 1, untuk pengalaman sendiri sebetulnya saya juga sudah pernah memanfaatkan status kepesertaan BPJS Kesehatan sejak SMP, beberapa kali ke Puskesmas dekat rumah waktu demam, batuk, flu dan yang terakhir karena perut saya sakit seperti ditusuk-tusuk jarum akibat sakit mag, selama pakai BPJS Kesehatan semua pengobatan itu gratis dan pelayanannya juga baik,” ujar Avril.
Bertumbuh besar bersama Program JKN-KIS membuat Avril mengikuti perkembangan pelaksanaan program tersebut, baik dari segi penyesuaian kebijakan-kebijakan terkait kepesertaan hingga inovasi-inovasi teranyar besutan BPJS Kesehatan seperti aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 1500-400 yang sudah beralih menjadi BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA) dan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA).
“Pertengahan tahun 2020 lalu saya datang ke kantor BPJS Kesehatan Jakarta Selatan untuk cetak kartu bersama dengan ibu saya, karena kebetulan memang perlu untuk adik saya yang belum ada kartu fisik, tapi karena kondisi pandemi Covid-19 ada beberapa layanan yang dibatasi dan dialihkan secara online termasuk cetak kartu, kemudian saya mengikuti arahan petugas pelayanan menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk mengakses KIS digital,” jelas Avril.
“Saat itu juga saya mulai memepelajari cara menggunakan aplikasi Mobile JKN, ternyata pengaplikasiannya sangat praktis terutama fitur KIS digital, jadi kita sebagai peserta ga perlu repot cetak dan bawa kartu fisik lagi kalau mau berobat, cukup pakai KIS di aplikasi Mobile JKN saja. Kemajuan semacam ini pastinya sangat disenangi oleh kalangan muda seumuran saya, karena sejalan dengan kebiasaan sehari-hari yang sudah melekat dengan smartphone,” lanjutnya.
Avril juga mengaku semakin banyak informasi seputar Program JKN-KIS dan BPJS Kesehatan yang bisa didapatkan melalui aplikasi Mobile JKN tersebut, ia berharap kedepannya semakin banyak terobosan khususnya kanal berbasis digital yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan untuk lebih mempermudah peserta mengakses layanan maupun informasi. (Irm)