IPOL.ID – BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan bersinergi dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) wilayah setempat untuk melaksanakan kegiatan Penguatan Fungsi Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP), belum lama ini. Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kepuasan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat mendapatkan mengakses pelayanan di puskesmas ataupun klinik pratama.
Tujuan pengoptimalan fungsi PIPP ini didukung penuh oleh Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Kota Administrasi Jakarta Selatan. Hal itu dikatakan Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dwi Sujadir saat memberikan sambutan dan membuka acara tersebut.
“Kami dari pihak Sudinkes menyambut baik kegiatan ini, karena bersama kita ketahui memang peran dan fungsi dari PIPP FKTP sangat penting sebagai garda terdepan yang berinteraksi langsung dengan pasien. Harapannya kegiatan penguatan PIPP ini nantinya bisa bermanfaat untuk perbaikan dan peningkatan kedepannya,”kata Dwi Sujadir.
Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Diah Sofiawati, menyampaikan rangkaian kegiatan yang akan dilangsungkan, yaitu Feedback Kegiatan PIPP dan Aplikasi SIPP, evaluasi pendaftaran dan mutasi data Peserta Penduduk yang Didaftarkan oleh Pemerintah Daerah, serta diskusi dan tanya jawab.
“Pada tahun 2021 lalu indeks kepuasan peserta yang mengakses layanan di FKTP mengalami kenaikan sebanyak 5,99% dari 81,70 % menjadi 87,69%. Hal ini tentunya berkat sinergi dan kerja sama yang baik kita dalam memberikan layanan kepada peserta, namun disamping itu masih ada catatan yang menjadi prioritas dalam hal pelayanan permintaan informasi di kantor cabang atau melalui telepon PIC,” ungkap Diah Sofiawati.
Berdasarkan hasil pemanfaatan aplikasi SIPP selama tahun 2021 sampai tahun 2022 berjalan saat ini, data menunjukan pada tahun lalu Puskesmas Kecamatan Kebayoran Lama menjadi FKTP yang paling sering memanfaatkan aplikasi tersebut dengan riwayat 147 kali entry, kemudian hingga bulan Juni 2022 Puskesmas Kecamatan Cilandak tercatat menjadi FKTP paling rutin memanfaatkan aplikasi SIPP dengan riwayat sementara sebanyak 85 kali entry. (ahmad)