IPOL.ID – Media sosial sekarang ini menyediakan fitur untuk mengembangkan bisnis digital dan promosi digital. Perkembangan ekonomi digital tumbuh pesat berkat dukungan dari berbagai platform e-commerce dan media sosial.
Selain dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis digital, media sosial juga menjadi sarana promosi usaha dan jasa yang diminati. Promosi yang dilakukan di media sosial diminati karena alurnya yang mudah dan harga yang murah.
Semua orang bisa mempromosikan usaha dan jasa yang mereka tawarkan di media sosial masing-masing. “Komunikasi promosi merupakan komunikasi yang persuasif untuk menginformasikan kepada pelanggan tentang produk atau jasa untuk mempengaruhi agar pendengar membeli barang atau jasa kita. Oleh karena itu diperlukan penyampaian komunikasi promosi yang baik agar promosi kita berhasil,” kata Content Creator, Teuku Daffa, dalam webinar bertema ‘Tips dan Trik Promosi Usaha di Media Sosial’, Kamis (3/11).
Dia menambahkan, untuk bisa melakukan promosi usaha di ruang digital diperlukan komunikasi promosi yang baik. Dam untuk bisa sukses komunikasi promosi ada enam langkah yang harus dilakukan.
“Pertama, harus menentukan siapa audience kita. Selanjutnya identifikasi proposal keunikan dalam penjualan kita. Ketiga, pilih channels tempat promosi kita. Langkah selanjutnya adalah efektif dalam membalas pesan, tentukan target dan terakhir ubah rencana kita dengan aksi,” papar Daffa.
Vivid Devianti dari Komite Edukasi Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) mengatakan, promosi usaha yang paling mudah dilakukan saat ini adalah promosi budaya.
“Bangsa kita kaya akan budaya asli daerah, hal ini bisa menjadi peluang usaha bagi kita. Promosikan kebudayaan asli daerah disekitar kita agar dikenal oleh banyak orang, selain ikut serta dalam memperkenalkan ke masyarakat luas, hal itu juga bisa membuka peluang dunia usaha dan lapangan pekerjaan,” cetusnya.
Vivid mengatakan, hal pertama yang dapat kita lakukan sebelum melakukan promosi usaha dan budaya di ruang digital adalah produksi konten. “Produksi konten sesuai dengan usaha yang akan kita promosikan. Setelah kita produksi konten promosi baru kita distribusikan melalui platform media sosial yang kita gunakan”, ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama, Ayu Minarti dari Pandu Digital Indonesia mengatakan, promosi usaha di media sosial sangat mudah dilakukan dan biayanya sedikit.
“Digital marketing campaign adalah salah satu cara dalam meningkatkan bisnis di zaman digital saat ini. Dengan menggunakan platform digital sebagai sarana promosi dan pengenalan produk kepada khalayak ramai yang terhubung dengan media internet, sehingga jangkauannya lebih luas,” kata ayu.
Selain itu, promosi usaha di media sosial dengan marketing campaign memiliki banyak keuntungan. “Promosi di media sosial dapat mudah meningkatkan penjualan kita karena menjangkau pasar yang luas. Selain itu menghemat biaya promosi, mudah menemukan konsumen sesuai target pemasaran serta kita bisa ikut bersaing dengan perusahaan besar,” pungkas Ayu. (ahmad)