IPOL.ID- Sportel akan kembali menyapa pasar Asia. Kali ini untuk pertama kalinya Sportel memilih Bali, Indonesia menjadi tuan rumah Spprtel Asia.
Acara ini akan diselenggarakan di Grand
Hyatt Nusa Dua, Bali selama dua hari, mulai dari tanggal 23 hingga 24 Februari 2023.
” Pulau Bali terpilih menjadi tuan rumah pameran olahraga dan teknologi SPORTEL Asia tahun ini, sejak gelaran terakhirnya di Singapura. Ini merupakan pertama kalinya ajang tersebut dihelat di Asia sejak pandemi COVID-19 menghantam dunia dan menghentikan acara itu sementara,” ujar CEO Sportel Monaco Laurent Puons dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (27/1).
Dia mengatakan pihaknya bersemangat untuk kembali hadir di kawasan Asia Pasifik di tahun ini.
“Kami membawa banyak topik terkait olahraga dan jaringan bisnisnya di acara ini. Gelaran di Bali akan membuka kesempatan dan peluang baru untuk menjalin networking yang lebih luas lagi di Asia dan dunia, mengingat partisipan yang mengikuti nanti akan banyak sekali,” kata Puons.
Sportel di Bali nanti merupakan kelanjutan Sportel di Miami pada bulan Maret 2022 untuk mencakup pasar Amerika Utara dan Amerika Latin, serta di Monaco yang mencakup pasar Eropa pada Oktober 2022.
Lebih lanjut, Puons menilai pasar Asia Pasifik merupakan salah satu yang terbesar di dunia untuk konsumsi konten dan teknologi yang berkaitan dengan olahraga.
Direktur Utama PT Indonusa Telemedia Peter F. Gontha mengatakan pasar tontonan terbesar di dunia berada di Asia.
“Asia adalah kawasan ekonomi yang berkembang cepat dibandingkan kawasan lainnya. Kebutuhan terkait hiburan akan bertambah di masa mendatang, dan salah satunya yang bisa survive di televisi adalah konten olahraga. Menurut saya, konten olahraga ini ke depannya akan menjadi juara di pertelevisian,” papar Peter.
Gelaran Sportel di Bali akan diisi dengan berbagai acara, antara lain pameran Sports Content Producer (Warner Sports, ESPN, La Liga, IMG, Dentsu, dan lain-lain), bincang-bincang, panel diskusi, serta pertemuan antar para pemilik konten olahraga dunia dengan para operator televisi tradisional maupun televisi digital yang berada di Asia.
Selain kegiatan utama berupa Sports Content Market & Conference, SPORTEL Bali juga akan menghadirkan berbagai kegiatan menarik lainnya yang terkait dengan kegiatan olahraga.
Kegiatan ini diharapkan dapat diikuti oleh masyarakat umum dengan hanya melakukan registrasi sebelumnya.
Selain menjadi pameran dan tempat pertemuan olahraga bertaraf internasional, Sportel menawarkan kesempatan kepada pengunjung untuk terhubung kembali dan menjalankan bisnisnya dengan para pemimpin bisnis
olahraga utama dari pasar Asia-Pacific (APAC).
Indonesia, sebagai pemilik lokasi yang strategis kali ini terpilih menjadi tuan rumah Sportel Rendez-vous, setelah empat tahun absen di pasar Asia yang terakhir kali diadakan pada 2019 di Makau.
Sebagai populasi terbesar keempat dan salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang
pesat, pasar Indonesia juga memiliki minat terhadap olahraga dan teknologi yang juga sangat besar.
Data menunjukkan, pasar APAC berkembang pesat dengan total pendapatan OTT sebesar US$ 49,2 Miliar pada tahun 2022 dan pendapatan media olahraganya diprediksi akan terus tumbuh sebesar 6% dalam kurun waktu 5 tahun ke depan.
Memiliki prioritas utama untuk selalu memberikan yang terbaik dalam memenuhi kebutuhan kliennya,
Sportel telah mempersiapkan rangkaian program spesial yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas dari banyaknya pilihan pameran dan sponsor yang akan tersedia.
Tata lokasi dari booth yang
tersedia juga telah diatur dan disesuaikan dalam satu ballroom yang luas untuk memaksimalkan lalu lintas
serta jaringan & peluang bisnis yang akan terjadi.
Empat minggu sebelum kick-off acara, banyak decision makers, pemegang hak siar hingga pemain baru
dalam industri olahraga dan kreatif dari Asia dan Oceania yang akan turut serta dalam rangkaian Sportel Rendez-vous Bali ini, yang meliputi, Asia-Pacific Broadcasting Union, CAA eleven, CJ ENM,
Cubmu, Culver Max Entertainment, EMTEK, Enveu, Football Marketing Asia, Fox Sports, Ideal Systems, IEG, IMG, Infront Pan-Asia, MNC, Paramount, Sport Five Asia, Stan, Vietcontent, Vidio,
TransTV, dan masih banyak lagi yang akan mengkonfirmasi keikutsertaannya di bulan Februari mendatang.
Selain itu, berbagai perusahaan besar asal Eropa dan Amerika juga turut hadir untuk mengembangkan peluang bisnis baru, jaringan dan membuat kesepakatan dalam acara ini.
Perusahaan tersebut meliputi
Bundesliga, Dorna Sports, FIFA, Formula E, Komite Olimpiade Internasional, LaLiga, Seri A, NBA, Spanish Basketball League, Mediapro, PGA Tour, dan masih banyak lagi.
“Saya selalu menikmati momen saat menghadiri acara Sportel karena hanya disini satu-satunya tempat dimana perusahaan teknologi, penyiaran, dan federasi olahraga dapat berkumpul bersama. Hal ini bukan hanya sebagai tempat untuk mencari pelanggan tetapi juga tempat terbaik untuk memahami
tentang teknologi di masa depan,” ujar Meghna Krishna, CRO dari Magnifi. (bam)