IPOL.ID – Jakarta Smart City (JSC) dinilai telah berhasil membuat inovasi atau program yang bertujuan memudahkan Penjabat (PJ) Gubernur DKI Heru Budi Hartono dalam memantau dan menindak lanjuti laporan warga.
Hal ini disampaikan peneliti GMT Institute, Agustinus Tamtama Putra menanggapi cara kerja JSC yang telah membuat dashboard dalam penyajian berbagai data dan diyakini dapat membantu Heru serta jajaran untuk mengambil keputusan.
“Aplikasi tersbut dapat melihat rata rata waktu tindak lanjut pelaporan serta persentase penyelesaian laporan tersebut. PJ Gubernur dapat melihat peta persebaran laporan di Jakarta beserta detailnya untuk mendukung data-driven policy di Jakarta,” ujar Tamtam di Jakarta, Selasa (17/1/2023).
Untuk warga yang ingin memantau informasi penanganan laporan di Jakarta, JSC telah menyiapkan website CRM versi terbaru, sebuah updated-CRM-website.
Tamtam mengaku kagum dengan akselerasi yang dilakukan JSC terhadap berbagai menu baru yang ditambahkan dalam pembaharuan tersebut. Sehingga, kata Tamtam, CRM menjadi lebih informatif misalnya terkait lini masa proses pengaduan, menu data aduan masyarakat, penjelasan tentang kanal pengaduan, penjelasan tentang CRM Petugas dan peta aduan masyarakat.