Aspek keramahan (Hospitality) pelaku wisata dan masyarakat sangat penting untuk meningkatkan mutu dalam pelayanan (Servqual) dalam menyambut kunjungan wisatawan. Pelaku desa wisata perlu menerapkan konsep mutu pelayanan prima diantaranya tangible, empaty, reliability, responsiveness, assurance (TERRA).
Konsep servqual (Terra) diantaranya: Tangible (berwujud) adalah kemampuan pelaku wisata dalam menunjukkan eksistensinya ke pihak eksternal, yaitu terkait dengan penampilan sarana dan prasarana, fasilitas fisik, perlengkapan dan peralatan sarana komunikasi di daerah yang dijadikan destinasi wisata. Empaty dalam hal ini kepedulian pelaku desa wisata dalam melakukan komunikasi yang memiliki rasa hormat, bersahabat dan kemampuan memahami kebutuhan wisatawan serta calon wisatawan. Reliability (kehandalan) kemampuan pelaku wisata untuk memberikan pelayanan yang ramah dan terpercaya, memberikan informasi yang mudah dan lengkap untuk wisatawan. Responsiveness (cepat tanggap) adalah kemampuan pelaku wisata untuk membantu dan memberikan pelayanan yang tepat dan cepat dalam menyebarkan informasi yang jelas kepada wisatawan. Assurance (Jaminan kepastian) kemampuan pelaku wisata mencakup pengetahuan, kesopanan, sifat terpercaya dalam menjamin kepastian dan keadaan wisatawan dalam kunjungan di desa wisata.