IPOL.ID – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyelenggarakan familiarization trip (famtrip) bagi peserta program Friends of Indonesia (FOI) 2023 di Jakarta.
Kegiatan famtrip ini menjadi salah satu upaya strategis dalam memperkuat promosi pariwisata, ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia, termasuk salah satunya Kota Jakarta.
Selain itu juga bertujuan untuk memperluas pengetahuan tentang Jakarta dan Indonesia di tingkat internasional.
“Kami mengajak para peserta dari berbagai negara yang memiliki pengaruh besar melalui media sosial untuk merasakan keindahan kota ini secara langsung. Diharapkan upaya ini dapat secara efektif mempromosikan Jakarta sebagai destinasi yang wajib dikunjungi bagi wisatawan mancanegara,” terang Kepala Disparekraf DKI Jakarta Andhika Permata, Selasa (15/8).
FOI 2023 memiliki fokus khusus dalam melibatkan tokoh-tokoh influencer, vlogger, dan selebgram berpengaruh dari negara sahabat untuk menyebarkan informasi positif tentang Indonesia di kancah global.
“Program FOI 2023 melibatkan 10 tokoh content creator dari lima negara sahabat, yaitu Australia, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Timor-Leste, didukung oleh Perwakilan RI di luar negeri,” jelas Direktur Diplomasi Publik Kemlu RI Yusron Ambary.
Selama famtrip, peserta FOI 2023 mengunjungi beberapa landmark ikonik Jakarta, seperti Monumen Nasional, Kota Tua, Bundaran Hotel Indonesia, Masjid Istiqlal, dan Gereja Katedral.
Selain itu, mereka juga dapat menikmati kuliner dan hidangan autentik Indonesia. Para peserta FOI antusias berinteraksi dan menyebarkan informasi mengenai kemajuan kerja sama ASEAN. (Sofian)