IPOL.ID – Mencari cuan di media sosial saat ini memang menjadi salah satu pilihan beberapa orang. Menjadi selebgram, konten kreator, atau influencer adalah hal yang didambakan generasi Z. Simak tips dan pengalaman influencer satu ini dalam menekuni profesinya.
Adalah Ribka Ribka Silvia Agustina, seorang influencer dan konten kreator yang kerap membahas soal kecantikan dan gaya hidup. Ia menjadi influencer karena ingin membagikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.
Menurutnya, media sosial adalah tempat yang tepat untuk membagikan informasi bermanfaat.
Ribka memulai menjadi konten kreator saat pandemi Covid-19. Kala itu, ia kehilangan pekerjaan sebagai sekretaris disalah satu satu perusahaan ternama di Jakarta. Untuk mengisi waktu luang saat pandemi, Ribka mengulas produk kecantikan melalui media sosial.
Hasil ulasannya tersebut mendapatkan respon positif dari para pengikutnya, hingga bertambah pengikut yang menyukai konten yang disajikannya. Tak disangka beberapa brand terkenal mulai melirik akun Ribka. Mulai dari produk kecantikan, restoran, hotel, sampai produk retail.
“Media sosial adalah salah satu strategi promosi terbaik yang dapat digunakan oleh para pelaku usaha dan bisnis. saran saya untuk para pelaku usaha dan bisnis manfaatkan media sosial untuk mengembangkan usaha dan bisnis Anda” papar Ribka.
Ribka saat ini kerap membuat konten video tentang gaya hidup, traveling, dan liburan. Video-videonya yang menarik dan informatif membuat Ribka mendapatkan banyak pengikut di media sosial.
Berikut adalah tips untuk menjadi influencer atau konten kreator menurut Ribka:
1. Temukan topik yang Anda sukai dan kuasai.
2. Buatlah konten yang menarik dan informatif.
3. Gunakan media sosial yang tepat untuk target audiensmu.
4. Promosikan kontenmu di media sosial dan platform lainnya.
5. Jangan lupa untuk berinteraksi dengan followersmu.
Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa menjadi influencer atau konten kreator yang sukses seperti Ribka Silvia Agustina.
Ribka adalah salah satu contoh selebgram yang berhasil memanfaatkan media sosial untuk menjadi konten kreator yang sukses. Ia membuktikan bahwa dengan kreativitas dan kerja keras, siapa pun bisa menjadi konten kreator yang sukses. (Rian/Irma)