Dalam perjalanannya, sebanyak 100 ribu Agen Pegadaian juga telah terbentuk untuk melakukan penjangkauan kepada nasabah lainnya.
“Pegadaian memberikan program produk pemerintah melalui KUR. Tentunya sesuai kemampuan dan kapabilitas nasabah. Pegadaian pun telah meningkatkan performanya dengan digitalisasi, membuka akses pasar media digitalisasi bekerjasama dengan e-commerce,” jelasnya.
Diharapkannya, semoga UMKM dapat didengungkan secara luas terus menerus di masyarakat, sehingga akan ada peningkatan UMKM. “Kemampuan jiwa entrepreneur masyarakat dapat semakin luas lagi”.
Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) FPRMI, Muhamad Solihin mengatakan, kegiatan diskusi tersebut diadakan bertujuan agar UMKM sebagai sektor yang mampu bertahan, meski berkali-kali krisis, dapat menghadapinya, mampu terus tumbuh dan berkembang.
“Sama halnya dengan UMKM, kami berjuang membentuk forum ini, forum yang ingin mengambil peran, membangun bangsa,” tutur Solihin dalam kesempatan sama.
Sekadar diketahui, Forum Pimpinan Redaksi Multimedia Indonesia atau FPMRI merupakan suatu forum tempat berkumpulnya para pimpinan redaksi multimedia online. Ingin memberi sumbangsih pemikiran, dan menggaungkan gagasan yang dinilai penting dan perlu diketahui masyarakat luas.