IPOL.ID – Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sudah banyak membantu seluruh lapisan masyarakat Indonesia, mulai dari kalangan anak-anak hingga lanjut usia.
Hal itu diamini oleh Lurah Tegal Parang, Narip Aripin kala bersua dengan tim jamkesnews.com pada saat pelaksanaan BPJS Keliling di kantornya Selasa (23/1/2024). Aripin sapaan akrabnya ini mengungkapkan sudah cukup sering mengandalkan kepesertaan JKN untuk mendapatkan pengobatan ringan dan tindakan medis lainnya.
“Senang sekali ada program BPJS Keliling seperti ini, sangat membantu masyarakat wilayah sekitar sini yang butuh pelayanan karena sudah didekatkan dan dimudahkan, maka dari itu kita juga siapkan sarana khusus agar lebih optimal pelayanannya. Kalau ditanya pendapat tentang manfaat BPJS Kesehatan, menurut saya sudah the best ya, karena dari pengalaman pribadi juga terbantu saat melakukan pengobatan batu empedu sampai sembuh dan juga pernah menjalani perawatan akibat penyakit hernia,” ucap Aripin dengan lugasnya.
Meneruskan ceritanya, Lurah Tegal Parang ini menjelaskan alur pelayanan yang ditempuh demi sembuh dari penyakit batu empedu, pertama kali mengalami gejala sakit pada bagian perut ia langsung menuju fasilitas kesehatan tingkat pertama terdaftarnya untuk mendapatkan pemeriksaan awal, setelah itu Aripin dirujuk ke Rumah Sakit Pelni karena membutuhkan pemeriksaan lanjutan seperti USG dan CT Scan, alhasil dokter mendiagnosa bahwa Aripin menderita penyakit batu empedu yang menjadi penyebab sakit perutnya tersebut.
“Kata dokter waktu itu ada dua cara untuk sembuh dari penyakit batu empedu, antara pembedahan atau tanpa pembedahan, akhirnya saya setuju untuk dilakukan laser saja, karena kurang berani menjalani pembedahan. Gak pakai lama, hari itu juga dokter langsung menyarankan saya menjalani operasi laser batu empedu, karena semangat sembuh saya nurut aja. Singkat cerita setelah kurang lebih dua jam prosesnya, operasi laser berjalan lancar dan sukses, namun memang saya harus dirawat inap dulu untuk diobservasi,” tambahnya.
Selain proses operasi batu empedunya yang berhasil, Aripin juga mengaku sangat nyaman menjalani perawatan inap di Rumah Sakit Pelni pasca operasi selama dua hari. Pasalnya, sebagai peserta Program JKN, ia mendapatkan pelayanan yang sangat baik dari seluruh pihak rumah sakit, bahkan dari segi fasilitas melebihi ekspetasi yang diharapkannya, mulai dari sikap tenaga medisnya yang santun, ruang rawat yang selalu dibersihkan, bahkan obat serta konsumsinya selama di rumah sakit diberikan sesuai waktu dan hak pasien.
“Alhamdulillah luar biasa sekali ya impresi yang didapatkan sebagai pasien BPJS Kesehatan selama di rumah sakit, semuanya terasa memuaskan dan melebihi bayangan pokoknya, saya juga tidak merasakan keluhan sakit lagi. Bahkan waktu sudah dibolehkan pulang saya tidak perlu lagi bayar pengobatan, sebab sudah didanai oleh BPJS Kesehatan seluruhnya, mantap banget kan. Menurut saya sih Is the best banget program ini, sangat bisa menjadi andalan bagi seluruh masyarakat Indonesia sebagai proteksi jaminan kesehatan,” lanjutnya.
Biar makin the best lagi, Aripin berharap kedepannya BPJS Kesehatan dapat terus mempertahankan eksistensinya untuk membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang komprehensif. Melalui inovasi-inovasi baik digital maupun manual yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga tidak ditemui kendala saat membutuhkan pelayanan baik di BPJS Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan. Kemudian juga Aripin berkomitmen pihak Kelurahan Tegal Parang akan siap membantu bila dibutuhkan kolaborasi.
“Tentu saya sangat mendukung program-program dari BPJS Kesehatan yang tujuannya baik ya, contohnya baru saja pada saat kegiatan pemberantasan sarang nyamuk di Kelurahan Tegal Parang bersama kader dasawisma, kader jumantik dan warga sekitar, saya tidak lupa menginformasikan terkait adanya BPJS Keliling yang sedang membuka layanan di kantor lurah, jadi bagi yang membutuhkan layanan pendaftaran atau perubahan data serta informasi tentang Program JKN, dapat langsung merapat saja,” pungkas Aripin. (ahmad)