Terkait dengan hal itu, literasi data akan menjadi komponen utama dari program peningkatan kapasitas dan rekrutmen karyawan. Lebih lanjut, organisasi bisnis diharapkan bersikap lebih proaktif dalam melakukan edukasi terkait privasi data konsumen, termasuk dengan cara menyampaikan informasi terkait privasi yang mudah dimengerti serta mendampingi konsumen dalam memutuskan sejauh mana mereka ingin melindungi data mereka.
Atribusi, pengukuran, dan personalisasi skala besar akan menjadi pertimbangan utama bagi para pelaku usaha dalam mengelola data konsumen dan berinteraksi dengan mereka, di samping hal-hal terkait privasi, persetujuan, dan tata kelola. Semua ini akan berdampak pada operasional dan strategi yang diterapkan pemasar dan praktisi data di berbagai vertikal industri.
Platform data menjadi elemen yang menyatukan organisasi dan keputusan untuk menerapkan strategi data merupakan tanggung jawab bersama seluruh tampuk pimpinan.
Kemunculan platform data pelanggan (customer data platform atau CDP), CDP dengan komponen yang dapat dipilih dan dirakit dalam berbagai kombinasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna tertentu (composable CDP), ruang pembersihan data (data clean room), dan gudang data (data warehouse) akan mendorong pergeseran nyata dalam dinamika organisasi di tahun 2024.