IPOL.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) yang kini bertransformasi sebagai perusahaan digital telco telah bertumbuh bersama masyarakat Indonesia selama puluhan tahun. Telkom terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dengan mengutamakan kepuasan pelanggan. Agar pemahaman terhadap kebutuhan pelanggan semakin lebih baik sehingga pelayanan yang diberikan optimal, Telkom berinovasi dengan mengadopsi teknologi berbasis data yang digerakkan oleh Artificial Intelligence (AI).
Salah satu teknologi AI yang digunakan mampu menganalisis data pelanggan dengan metode Natural Language Processing (NLP) yang bisa memahami bahasa Indonesia sehari-hari. Teknologi mutakhir ini memungkinkan untuk mengukur emosi pelanggannya dengan akurat dan mengumpulkan umpan balik pelanggan melalui teks. Dengan begitu, Telkom dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan sekaligus menjaga kepuasan serta loyalitas pelanggannya.
“Inovasi yang kami lakukan menjadi bagian dari komitmen Telkom untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Seperti memanfaatkan teknologi AI yang dapat mengenali dan memahami kebutuhan pelanggan. Teknologi AI juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha dari berbagai sektor,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa.