Sementara, Danone dikenal sebagai penguasa pasar AMDK di Indonesia dengan merek Aqua dan Vit. Produk Danone populer lainnya antara lain Mizone, SGM, Lactamil, Nutrilon Royal, dan Bebelac.
Pada situs sehataqua.co.id secara jelas ditampilkan bahwa “Aqua 100% Indonesia” dan “100% Produk Asli Indonesia”. Meskipun kenyataannya perusahaan ini mayoritas sahamnya dikuasai Danone dari Prancis. Logo Danone juga sudah dihilangkan dari kemasan produk AMDK-nya, dan kini hanya menyisakan logo bertuliskan merek dengan latar pegunungan.
Saat ini, ketiga perusahaan multinasional tersebut masuk dalam daftar boikot produk yang diterbitkan oleh Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI). Panduan YKMI ini sejalan dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina dan Fatwa MUI Nomor 14/Ijtima’ Ulama/VIII/2024, tentang “Prioritas Penggunaan Produk dalam Negeri”.
YKMI sendiri mengapresiasi langkah MUI yang menghadirkan lima kriteria produk terafiliasi Israel. “YKMI sangat mendukung kriteria produk terafiliasi Israel dari MUI. Sebab, kriteria ini akhirnya memberikan landasan yang lebih kuat agar masyarakat Muslim dan konsumen Muslim menggunakan produk-produk nasional yang bukan produk terafiliasi Israel,” kata Direktur Eksekutif YKMI Ahmad Himawan, baru-baru ini.