“Saya yakin Kemenparekraf akan mendukung, karena dapat mendatangkan para wisatawan domestik dan internasional. Beberapa batu kita target bisa masuk pasar internasional,” katanya.
Beberapa waktu lalu, dia sempat sampaikan, ada kebanggaan tersendiri batu mulia ikonik nilainya di atas emas menjadi trade mark khas karakteristik bisa menembus pasar dunia internasional.
“Balai lelang Christie’s umpamanya, jadi ada kebanggaan untuk masyarakat Indonesia. Jadi batu lokal Indonesia bisa go internasional, itu targetnya,” ucapnya.
Menurutnya, harus ada dorongan ke sana, karena wisatawan mancanegara mengenal Indonesia bukan hanya dari tempat wisatanya saja. Namun juga daerah wisata yang ada sektor produktif bisa menghasilkan berbagai macam kerajinan batu akik yang bisa didesain.
“Terutama untuk Gen Z yang ingin tampil beda, ingin fashion galery bisa membuat perhiasan, liontin, dan kalung. Ujungnya bisa memberikan pendapatan kepada yang bersangkutan kan,” katanya.
Sementara, Ketua Panitia Kontes dan Pameran Batu Akik Nusantara, Harpen Bagiat menambahkan, event The Rock Show 4 kali ini digelar selama 5 hari, dimulai Rabu (12/2/2025) sampai dengan Minggu (16/2) untuk acara puncaknya.