IPOL.ID – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengkurasi produk makanan dan buah segar dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia untuk mencari peluang ekspansi ke pasar Inggris.
Proses kurasi dilakukan melalui Atase Perdagangan di London dengan melakukan penjajakan bisnis (business matching) berupa pengenalan dan presentasi produk (pitching) pada (15/2/2025) lalu menggunakan konferensi video.
Atase Perdagangan London Ayu Siti Maryam mengatakan, Business matching berupa pitching yang dilakukan ini bertujuan untuk menggali peluang potensi produk Indonesia agar dapat ekspansi ke pasar mancanegara, dalam hal ini Inggris. Kegiatan ini mendukung program prioritas Kemendag, yaitu UMKM Berani Inovasi, Siap Adaptasi Ekspor (UMKM BISA Ekspor).
“Dari 25 pelaku usaha yang mendaftar, terdapat enam pelaku usaha yang terpilih untuk melakukan pitching. Dari pitching, terkurasi tiga pelaku usaha yang memiliki produk potensial untuk didorong masuk ke pasar Inggris. Produk potensial tersebut, yaitu produk cokelat premium, jeli merek Inaco, serta buah segar seperti buah naga, mangga, dan kelengkeng,” jelas Ayu, pada Kamis (13/2/2025).