indoposonline.id – PT Bumi Serpong Damai (BSDE) tahun ini mematok prapenjualan senilai Rp7 triliun. Target itu ditopang tiga segmen utama. Meliputi segmen perumahan, komersial, dan lain-lain.
Kinerja perseroan akan tetap tumbuh meski terbatas dibanding sebelum pandemi. Karena minat konsumen atas produk-produk perusahaan tetap tinggi. ”Kami optimistis prospek industri properti baik residensial maupun komersial akan tumbuh berkelanjutan tahun ini,” tutur Direktur BSDE Hermawan Wijaya, Senin (8/2/2021).
Minat konsumen terlihat dari angka penjualan pada tiga bulan akhir tahun lalu bemitu tinggi. Pada triwulan itu, perusahaan membukukan angka prapenjualan Rp1,8 triliun. Itu setara 28 persen dari total angka pra-penjualan sepanjang 2020 di kisaran Rp6,5 triliun.
Selanjutnya, segmen residensial menjadi kontributor utama dengan mengusung target Rp4,4 triliun. Angka itu, bersumber dari kawasan hunian. Misalnya, BSD City, Nava Park, Kota Wisata, Grand Wisata, Taman Permata Buana, Taman Banjar Wijaya, Legenda Wisata, Grand City Balikpapan, dan The Zora.
Sementara tiga besar kawasan residensial menjadi kontributor pra-penjualan terbesar segmen itu antara lain BSD City dengan target Rp2,2 triliun atau setara 50 persen dari total target residensial. Kemudian Nava Park Rp700 miliar atau 16 persen, dan Grand Wisata Rp500 miliar atau 11 persen.
Sedang segmen komersial merupakan segmen terbesar kedua perolehan pra-penjualan yaitu Rp1,6 triliun setara 23 persen dari total target pra-penjualan. Segmen ini terdiri dari rumah toko, kavling, dan apartemen. Kawasan-kawasan komersial BSD City menjadi kontributor utama bagi penjualan.
Dua besar penyumbang angka pra-penjualan segmen ini antara lain produk komersial BSD City Rp1,1 triliun atau setara 69 persen dari target segmen komersial. Selanjutnya, The Element dan Apartment Southgate masing-masing Rp150 miliar atau masing-masing setara 9 persen dari total target pra-penjualan segmen komersial. Kebutuhan hunian atau properti berkualitas pada lokasi strategis dan berkembang menjadi alasan utama para konsumen. (mgo)