IPOL.ID – Gojek bakal kembali mengembangkan pelatihan hingga pengembangan diri para mitra drivernya. Kali ini, Gojek menggelar rangkaian kegiatan dengan nama Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang akan berlangsung di beberapa kota Indonesia.
“Wadah pelatihan dan pengembangan diri yang dilaksanakan rutin oleh Gojek sejak 2018 tersebut bertujuan mempertahankan kualitas mitra driver sebagai kunci Gojek unggul dalam layanan transportasi online Indonesia,” tutur Stella Darmadi selaku Head of Global Marketing Ride & Transport Brand Experience Gojek di Jakarta pada ipol.id, Kamis (12/1/2023).
Stella menyampaikan, Bengkel Belajar Mitra (BBM) adalah salah satu dari rangkaian kegiatan terintegrasi dan berkelanjutan. Untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan mitra driver agar semakin menjadi andalan pelanggan dan terbaik di industri.
Setelah sempat mengalihkan pelatihan tatap muka BBM ke versi online melalui fitur Tips Pintar selama pandemi. Tahun ini BBM akan kembali hadir di kota-kota besar di Indonesia dengan menargetkan partisipasi ribuan mitra driver andalan masyarakat.
“Kami percaya dengan kualitas layanan prima, layanan Gojek tetap jadi pilihan pelanggan,” kata Stella percaya diri.
Pada penelitian dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) menemukan bahwa Gojek telah menjadi layanan transportasi online yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.
Keunggulan itu menurut INDEF, dilandasi oleh keamanan berkendara dari mitra driver Gojek. Sehingga memberikan rasa aman bagi pengguna layanan transportasi online yang menjadi prioritas dari para pengguna layanan transportasi online. Hal ini tidak lepas dari ragam pelatihan disediakan oleh Gojek, salah satunya pelatihan BBM konsisten diadakan sejak 2018.
Selain pelatihan tatap muka melalui BBM, Gojek juga terus menyediakan pelatihan berbasis online. Dapat diakses kapan pun, dimana pun melalui fitur Tips Pintar di aplikasi mitra driver. Tingginya antusiasme mitra driver dibuktikan dengan ragam modul Tips Pintar yang telah diakses sebanyak lebih dari 14 juta kali oleh hampir satu juta mitra driver.
Stella mengatakan, BBM dan Tips Pintar adalah bagian dari tiga pilar inisiatif Gojek. Dalam menjadikan mitra driver paling andal dan punya kualitas serta perilaku terbaik memberikan layanan ke pelanggan.
Berikut ketiga pilar tersebut terdiri dari:
* Pilar Pembelajaran dan Pengembangan (BBM dan Tips Pintar).
* Pilar Keterlibatan Mitra Driver dan Pelanggan (Forum Kopdar dan Kolom Komentar Pelanggan di Aplikasi).
* Pilar Apresiasi (Driver Jempolan).
“Selain memberikan pelatihan, penting bagi kami terus melibatkan masukan para mitra driver dan pelanggan, untuk mengetahui apa yang butuh dilatih dan diperbaiki,” ujar Stella.
Fokus pada pelatihan dalam topik “service excellence” atau pelayanan prima, Gojek menggandeng Worldwide Quality Assurance (WQA), yakni lembaga internasional yang selama ini fokus melatih perusahaan-perusahaan nasional di berbagai industri.
Materi pelayanan prima yang disampaikan mengacu kepada Tata Tertib Gojek (Tartibjek) bagi mitra driver. Termasuk di antaranya cara bersikap/berbicara sopan pada pelanggan, serta cara berperilaku memastikan kenyamanan pelanggan selama perjalanan. Selain paparan teori, penyampaian materi juga dilakukan.
Sebelumnya, BBM telah memberikan pelatihan operasional para mitra, melayani pelanggan, seperti pelatihan P3K, perawatan kendaraan, anti kekerasan seksual, keselamatan berkendara, bahasa inggris, hingga wirausaha dan pengelolaan keuangan. (Joesvicar Iqbal)