indoposonline.id – Beberapa tahun terakhir, Indonesia melihat pertumbuhan dan dampak luar biasa dari berbagai aplikasi online to offline/sebaliknya (O2O) yang menyasar warung-warung di Indonesia atau yang biasa
dikenal dengan aplikasi ritel FMCG atau aplikasi Mitra.
Berdasarkan data App Annie Januari-Februari 2021, aplikasi Mitra Tokopedia berhasil menduduki peringkat nomor 1 di kategori aplikasi ritel FMCG karena tercatat memiliki jumlah rata-rata pengguna aktif harian tertinggi.
Selain Mitra Tokopedia, aplikasi serupa seperti Mitra Bukalapak, Mitra Shopee, PAYFAZZ dan GrabKios turut terdaftar dalam kategori ini, masing-masing menempati peringkat dua hingga lima.
Mitra Tokopedia memimpin kategori aplikasi ritel FMCG dengan mencatatkan lonjakan rata-rata pengguna aktif harian pada platform Android hingga hampir 50 persen pada bulan Januari-Februari 2021, jika dibandingkan dengan rata-rata pengguna aktif harian selama Q4 2020.
Melalui aplikasi-aplikasi ritel FMCG tersebut, pegiat usaha tradisional dapat menambah penghasilan dengan berjualan produk digital – seperti pulsa, token listrik, voucher game, pembayaran tagihan dll – maupun mengisi stok warung/toko dengan lebih efisien hanya melalui genggaman tangan.