Selain itu, sepanjang tahun 2021, Kementerian Kominfo telah berhasil melaksanakan program digitalisasi UMKM melalui program fasilitasi active selling, Digital Entrepeneur Academy (DEA), danq UMKM di 10 kawasan wisata prioritas.
Dalam program ini, peserta mendapatkan pelatihan dan starter kit paket data, aplikasi aggregator, aplikasi Point-of-Sales (POS), serta Learning Management System (LMS).
Target dan Tantangan Kominfo dalam Optimalisasi Ekonomi Digital Tahun 2022
Melihat kilas balik capaian-capaian tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor ekonomi digital Indonesia dengan berbagai target baru di tahun mendatang.
“Di tahun 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan (1) 100.000 peserta dapat mengikuti berbagai program pengembangan startup seperti: Sekolah Beta; Gerakan Nasional 1000 Startup Digital; Startup Studio ID; Hub.ID; dan IGDX; serta (2) 100.000 peserta dapat terfasilitasi dalam berbagai program digitalisasi UMKM terutama pada level active selling, yakni level lanjutan setelah digital onboarding.” jelas Dedy Permadi.