IPOL.ID – Komandan Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Marinir Cilandak, Kolonel Laut Sujoko Purnomo menyambut langsung lawatan Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan, didampingi Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan, Diah Sofiawati awal maret ini.
Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau langsung implementasi transformasi mutu layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), khususnya dari segi pemanfaatan sistem antrean online yang terkoneksi dengan aplikasi Mobile JKN.
Edwin mengapresiasi langkah nyata dari pihak Rumkital Marinir Cilandak dalam mengoptimalkan transformasi digital bagi peserta yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dilingkungannya. Hal itu sejalan dengan data pemanfaatan antrean online sebanyak 2.989 peserta terhitung berdasarkan tarikan data sampai dengan (1/3), oleh karena itu Edwin berharap capaian yang sudah baik itu dapat terus disukseskan.
“Kami tentunya senang sekali melihat semangat Rumkital Marinir Cilandak memberikan pelayanan terbaik melalui kemudahan pengambilan antrean melalui aplikas Mobile JKN, namun tujuan utama dari pemanfaatan aplikasi tersebut adalah bagaimana kita menciptakan suasana antrean mengalir lancar dan peserta mempunyai kepastian saat mengakses layanan, serta rumah sakit maupun dokter juga terbantu untuk mengatur capacity planning sehingga tidak terjadi penumpukan pasien,” jelas Edwin.
Lebih lanjut Edwin menjelaskan BPJS Kesehatan sebagai centre penyelenggaraan Program JKN, mengajak seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat agar terbiasa menggunakan sistem antrean online ini dengan harapan literasi digital ekosistem JKN dapat meningkat. Selain itu ia juga mengatakan bahwa antrean online ini merupakan permulaan dari sasaran transformasi digital lainnya yang bertujuan untuk mengefektifkan penyelenggaran Program JKN.
Di sela kunjungannya, Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan ini juga menyempatkan diri menyambangi pasien yang mendapat pelayanan kesehatan di Rumkital Marinir Cilandak. Berdasarkan keterangan dari beberapa sumber, pihak rumah sakit aktif memberikan edukasi dan informasi kepada setiap peserta terkait kegunaan antrean online Aplikasi Mobile JKN secara masif, sehingga peserta dapat menyesuaikan waktu kedatangan di rumah sakit.
“Ketika ditanyai tentang Aplikasi Mobile JKN, semua peserta langsung menunjukannya secara lugas dan hampir seluruhnya sudah pernah melakukan pengambilan antrean secara online, secara spontan kepuasan peserta terhadap pelayanan rumah sakit ikut meningkat karena mereka tidak perlu mengantre lama. hal ini sesuai dengan harapan kita sebagai pemberi layanan,” tambah Edwin.
Dalam kesempatan yang sama, Komandan Rumkital Marinir Cilandak, Kolonel Laut Sujoko Purnomo mengucapkan terima kasih atas lawatan dan apresiasi Direktur Teknologi Informasi beserta jajaran terhadap unit kerjanya. Sebab aktivitas itu menjadi tambahan bahan bakar untuk mengobarkan semangat Rumkital Marinir Cilandak untuk terus meningkatkan pelayanan terbaik dengan transformasi digital kepada peserta.
“Berkat komitmen seluruh tim Rumkital Marinir Cilandak dan asistensi dari BPJS Kesehatan, implementasi antrean online saat ini sudah berjalan baik, secara quality rate capaian antrean online lewat Aplikasi Mobile JKN menyentuh poin 95,37% sampai dengan akhir bulan Februari. Efek positifnya tentu meminimalisir terjadinya penumpukan antrean pasien dan mempermudah petugas dalam melakukan pendataan serta penginputan menjadi real time,” imbuh Sujoko.
Pada akhir kunjungannya, Edwin menganugerahkan sebuah penghargaan bintang dua kepada Rumkital Marinir Cilandak atas dukungan, inisiatif dan konsistensinya dalam menyukseskan pelaksanaan integrasi sistem antrean online dan juga integrasi sistem klaim hingga saat ini. tak lupa dirinya juga mengimbau kepada pihak Rumkital Marinir Cilandak agar tidak sungkan melibatkan dan berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan untuk terus berinovasi demi peningkatan mutu layanan. (ahmad)