Hal tersebut dilakukan agar dapat merasakan atmosfir pelayanan sesungguhnya serta memberikan motivasi kepada petugas tingkat kelurahan dalam rangka mempertahankan predikat terbaik yang selama ini diterima.
Budi juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat telah mengurus administrasi kependudukan secara mandiri tanpa melalui calo di Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi.
“Kepada masyarakat jangan mengurus lewat calo, bisa mengurusnya secara mandiri,” ujar Budi.
Dukcapil kali ini malakukan pendekatan top-down untuk menghilangkan kebingungan, mengurangi risiko, dan menjaga inisiatif tetap tertata pada tim. Dalam rangka pelayanan prima tanpa mengurangi aspirasi yang disuarakan pada level layanan paling bawah yang langsung bersentuhan kepada masyarakat.
Sebab, Pemerintah Daerah DKI Jakarta mempunyai tanggung jawab untuk menciptakan dan memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi warga Jakarta.
“Kedepan Jakarta menjadi global city, sehingga perlu ada penataan perkotaan yang modern pada berbagai lini sektor termasuk layanan excellence, salah satunya di bidang kependudukan, agar dapat menjadi barometer layanan baik. Sehingga ‘Sukses Jakarta untuk Indonesia’ dapat dirasakan oleh masyarakat,” tutup Budi. (Joesvicar Iqbal)