“Pembatasan lalu lintas dengan skema Ganjil-Genap dan pembatasan angkutan barang merupakan bagian penting dari manajemen rekayasa lalu lintas”.
SSA adalah manajemen rekayasa lalu lintas yang menggabungkan ruas jalan dua (arah) menjadi satu arah untuk meningkatkan kapasitas jalan pada arah tertentu. Arus lalu lintas pada arah tertentu mengalalami peningkatan dua kali dan terciptanya kelancaran arus lalu lintas karena hilangnya titik-titik konflik.
“Hanya perlu diperhatikan adalah masalah waktu pemberlakuan SSA jangan terlalu lama dan menimbulkan kesan ketidak adilan bahkan dapat menimbulkan konflik sosial di lapangan, misal blokade jalan dan sebagainya,” tukasnya.
Sistem contra flow adalah sistem manajemen rekayasa lalu lintas dengan cara memanfaatkan sebagian lajur sepi yang berlawanan arah untuk meningkatkan kapasitas jalan pada arah tertentu. Sehingga terjadi peningkatan arus lalu lintas pada arah tertentu.
“Yang menjadi catatan dalam manajemen contra flow adalah sarana pendukung dan pengawasan, berkaitan dengan keamanan karena masih ada aktivitas arus yang berlawanan”.