IPOL.ID – McDonald’s Indonesia, di bawah naungan PT Rekso Nasional Food, menghadirkan berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan untuk membantu komunitas sekitar membutuhkan pada Ramadan 1445 Hijriah.
Mengangkat semangat ‘Nikmatnya Berbagi’, hingga kini McDonald’s Indonesia telah berbagi dengan lebih dari 58 ribu individu dari berbagai komunitas melalui kegiatan penyaluran paket bukaan.
Tak hanya itu, demi memberikan nilai tambah dan manfaat lebih kepada komunitas sekitar, McDonald’s menginisiasi sejumlah kegiatan kemanusiaan lainnya untuk mempererat silaturahmi dan kebersamaan di bulan suci Ramadan.
“McDonald’s Indonesia selalu menghadirkan berbagai kegiatan sosial positif, termasuk menemani masyarakat dan keluarga Indonesia dalam menjalani momen spesial Ramadan. Salah satu selalu rutin kami lakukan adalah berbagi dengan komunitas sekitar di area restoran kami beroperasi tersebar di seluruh Indonesia,” kata Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia, Caroline Kurniadjaja di Jakarta, Selasa (2/4).
Tahun ini, dengan semangat ‘Nikmatnya Berbagi’, pihaknya ingin terus menebar kebahagiaan dengan lebih banyak komunitas.
“Kami banyak melakukan kegiatan sosial dengan panti asuhan, masyarakat sekitar di area masjid, pengemudi ojek online, hingga kaum duafa melalui berbagai giat seperti Jumat Berkah, berbagi paket makanan berbuka, dan lain sebagainya,” ujarnya.
Salah bentuk kegiatan sosial, McDonald’s Indonesia melakukan kegiatan Jumat Berkah dengan mengadakan buka puasa bersama dan mendistribusikan undangan bukaan gratis di McDonald’s Indonesia.
Pada 22 Maret, McDonald’s telah membagikan 15.950 paket makanan, didistribusikan di 319 masjid di Indonesia. Sedangkan pada 29 Maret 2024 mendatang, McDonald’s Indonesia bakal membagikan 50 undangan bukaan gratis di 319 masjid di Indonesia, dengan total target undangan bukaan dibagikan sebanyak 15.950.
Selain kegiatan Jumat Berkah, McDonald’s Indonesia juga berbagi paket makanan berbuka puasa ke sekitar 9.300 BangDi dan NonDi pada Jumat, 22 Maret 2024. Abang Mekdi dan Nona Mekdi, atau yang disingkat BangDi dan NonDi, adalah sebutan untuk para rekan pesan antar McDonald’s.
Kegiatan dilaksanakan di seluruh restoran McDonald’s Indonesia, paket makanan berbuka puasa itu sedianya didistribusikan pada pukul 17.00-19.00 waktu setempat.
Tak hanya berbagi dengan komunitas sekitar, selama bulan Ramadan, McDonald’s Indonesia juga membagikan takjil gratis berupa S-tee kotak kepada para pelanggan yang memilih untuk dine-in di restoran.
“Sejalan dengan filosofi ‘Niat Baik, Hasil Baik’ yang diajarkan pendiri Rekso Group, McDonald’s memiliki kepedulian tinggi akan kemanusiaan dan terus menggulirkan berbagai inisiatif untuk membantu saudara-saudara kita membutuhkan uluran tangan”.
Awal tahun ini, lanjutnya, McDonald’s telah meluncurkan ‘Mekdi untuk Kemanusiaan’, bertujuan untuk membantu masyarakat dan komunitas di Indonesia.
“Tidak menutup kemungkinan di luar negeri yang membutuhkan uluran tangan kita semua, didasari prinsip-prinsip kemanusiaan, netralitas, dan kemandirian memberi bantuan tanpa diskriminasi,” imbuhnya.
“Kami memahami baik masih banyak saudara kita membutuhkan uluran tangan. Kami berkomitmen terus memperkuat kegiatan-kegiatan kemanusiaan dan menjangkau komunitas lebih luas, sehingga bisa memberikan dampak lebih besar,” tambah Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Meta Rostiawati.
Selama Ramadan 2024, McDonald’s telah melaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan, termasuk memberikan bantuan kemanusiaan berupa paket makanan untuk korban banjir di Kota Padang, Sumatera Barat; korban banjir di Kendari, Sulawesi Tenggara; dan gempa di Pulau Bawean, Jawa Timur.
Selain fokus pada kegiatan berbagi kepada sesama, McDonald’s juga menghadirkan sejumlah program menarik untuk menemani dan mendorong semangat masyarakat dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Program mencakup kembali hadirnya menu favorit Ayam McD Gulai, program Ceklis Puasa Ramadan, Safari Dongeng Ramadan (SADORA), serta beragam promo lainnya.
Program Ceklis Puasa Ramadan ditujukan untuk membantu orang tua dalam memotivasi anak-anak mereka berpuasa. Pelanggan dapat memperoleh template Ceklis Puasa Ramadan melalui Instagram Story McDonald’s Indonesia (@mcdonaldsid) untuk menandai berapa hari anak-anak mereka berpuasa. Jika lengkap, anak-anak dapat memperlihatkan template Ceklis Puasa Ramadan untuk mendapatkan reward tertentu.
Menjelang berbuka puasa, anak-anak usia 4 sampai 12 tahun bisa mendengarkan dongeng kisah-kisah teladan dan budi pekerti melalui program Safari Dongeng Ramadan (SADORA). Mengangkat tema ‘Memaafkan’, program ini berlangsung hingga 7 April 2024 di 129 restoran McDonald’s tersebar di 30 kota di Indonesia.
McDonald’s Indonesia bekerja sama dengan pendongeng profesional dan menghadirkan Ronald McDonald di beberapa kota. Untuk bergabung dalam kegiatan ini, pelanggan hanya perlu membeli Paket Happy Meal seharga Rp40.500.
Tak hanya melakukan kegiatan positif untuk komunitas sekitar, McDonald’s juga menawarkan berbagai promo menarik selama bulan Ramadan, di antaranya untuk menikmati menu Ayam McD Gulai, pelanggan yang memiliki aplikasi McDonald’s dapat menunjukan QR account MyM Reward untuk mendapatkan double point setiap pembelian.
Selain itu, pelanggan bakal mendapatkan 1 paket amplop lebaran disertai hadiah kupon. Masing-masing amplop dilengkapi hadiah berbeda. Promo ini berlaku hingga 9 April 2024, dan untuk kupon amplop hanya dapat ditukarkan paling lambat 30 April 2024.
“Kami berharap berbagai program Ramadan yang McDonald’s hadirkan tahun ini akan semakin menambah warna dan semangat bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa,” tutup Caroline. (Joesvicar Iqbal)