IPOL.ID – Masyarakat saat ini membutuhkan layanan publik yang cepat, transparan, mudah diakses, dan responsif. Proses administrasi yang berbelit terasa sudah tidak relevan lagi, sehingga pemerintah semakin gencar melakukan digitalisasi di berbagai sektor pelayanan. Salah satu langkah inovatif dalam digitalisasi adalah pemanfaatan solusi digital berbasis omnichannel, seperti Omni Communication Assistant (OCA) yang dikembangkan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).
Digitalisasi dipercaya mampu meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan transparansi dalam berbagai aspek pemerintahan. Sistem digital membantu masyarakat untuk mendapatkan akses layanan kapan saja tanpa harus datang ke kantor, sehingga mengurangi antrian dan mempercepat proses administratif. Masyarakat yang sebelumnya acap kesulitan memperoleh informasi mengenai layanan administratif, regulasi, atau program pemerintah, kini bisa mudah mengakses informasi di berbagai platform komunikasi. Dampaknya, tentu saja akan meningkatkan transparansi dan keterjangkauan layanan.