IPOL.ID – Pemkot Tangsel melalui LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) meraih sertifikat ISO 9001:2005. Sertifikat ini merupakan tonggak awal bagi LPSE untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada para stakeholder baik penyedia maupun non-penyedia.
Wakil Wali Kkota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, menjelaskan, LSPE telah berhasil meraih 17 sertifikat standardisasi yang telah ditetapkan oleh LKPP. Artinya, LPSE Pemkot Tangsel memiliki komitmen yang tinggi untuk meningkatkan standar kerja dan hasil kerja.
“Perolehan sertifikat ISO 9001:2015 makin melengkapi prestasi LPSE sebagai Lembaga Pelayanan Masyarakat yang terbaik. Hal ini telah dibuktikan dari hasil survey kepuasan masyarakat diperoleh Indeks Kepuasan Masyarakat lebih dari 80 persen,” kata Pilar.
Dia menambahkan, ISO 9001:2015 berisi panduan bagi sebuah sistem manajemen mutu yang bertujuan untuk menciptakan proses kerja yang bermutu, yang didukung dengan sumber daya yang bermutu serta menghasilkan layanan yang bermutu dan mampu menciptakan kepuasan pelanggan. Sehingga dengan disusunnya Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 ini, LPSE masih memiliki tantangan yakni menerapkan secara konsisten dan terus melakukan perbaikan-perbaikan secara berkelanjutan.
Adapun perolehan sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 melalui beberapa tahapan proses. Penyusunan sistem manajemen mutu yang terdokumentasi didampingi oleh pihak konsultan ISO 9001:2015. Kemudian Konsultan memberikan pelatihan pemahaman ISO 9001:2015 kepada seluruh tim LPSE.
“Selanjutnya konsultan memberikan pelatihan audit mutu internal kepada tim untuk memiliki keterampilan sebagai auditor. Lalu Tim LPSE harus menyelenggarakan audit mutu internal,” katanya.
Yang terakhir, Pihak Badan Sertifikasi melakukan audit sertifikasi untuk mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2015, jika hasil audit menyimpulkan seluruh ketentuan dalam ISO 9001:2015 telah dipenuhi.
Pilar mengutarakan, dalam Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, peran kepemimpinan sangatlah penting bagi tercapainya visi dan misi organisasi. Pemimpin harus menjalankan fungsinya secara optimal dan memastikan seluruh kegiatan pelayanan LPSE telah sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan.
Pemimpin harus mampu memberikan motivasi dan inspirasi bagi seluruh tim yang menjadi tanggung jawabnya, untuk terus secara konsisten menjalan ISO 9001:2015 dan melakukan perbaikan secara berkelanjutan.
Salah satu prinsip dalam ISO 9001:2015 adalah fokus pelanggan dan berbicara berdasarkan data. Fokus pelanggan artinya tujuan yang paling akhir yang akan dicapai oleh sistem manajemen mutu adalah kepuasan pelanggan.
Sedangkan berbicara berdasarkan data berarti ISO 9001:2015 menekankan pentingnya data sebagai dasar dalam mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Dengan demikian, diharapkan keputusan yang diambil dalam memecahkan masalah secara efektif. (Mul)