IPOL.ID – Setelah sempat tertunda beberapa kali dikarenakan pandemi COVID-19, HOMEDEC (Home Design & Interior Exhibition) bakal kembali hadir di tengah masyarakat.
Digelar 15-18 Desember 2022 di ICE BSD City, pameran one stop solution yang menyediakan barang-barang kebutuhan rumah tersebut menjanjikan banyak.
Pada penyelenggaraan kali ini, HOMEDEC akan mengusung tema “Year End SALEbration” dengan tujuan sebagai euphoria pesta belanja akhir tahun. Sekaligus mendorong para pelaku industri produk interior dan kebutuhan rumah untuk dapat meningkatkan penjualannya di periode tersebut.
Hal ini juga didukung oleh mulai kembali menggeliatnya sektor properti setelah kasus pandemi COVID-19 mulai melandai, ditambah lagi tren penyesuaian harga property pada kuartal kedua tahun ini.
Mengutip dari Rumah.com, Indonesia Property Market Index mencatat, indeks harga pada kuartal kedua 2022 naik 3,2 persen (QoQ). Sementara indeks suplai naik 1,2 persen (QoQ).
Di sisi lain, indeks permintaan meningkat tipis sebesar 2,3%. Kenaikan indeks tersebut meningkatnya optimisme, tidak hanya bagi pelaku pasar properti, tetapi juga menjadi angin segar bagi industri produk interior dan kebutuhan rumah.
R Arief Sofyan Rudiantoro, Direktur PT CIS Exhibition selaku penyelenggara HOMEDEC, mengatakan, tahun ini akhirnya HOMEDEC dapat diselenggarakan secara offline. “Kami selaku penyelenggara berharap HOMEDEC dapat menjadi momentum kebangkitan bagi para pelaku industry interior dan kebutuhan rumah di masa pemulihan/recovery ini,” katanya.
Konsep yang ditawarkan tahun ini yakni pesta diskon akhir tahun. Harapannya dapat menjadi wadah bagi para peserta pameran/brand untuk melakukan promo dan diskon besar-besaran, serta meningkatkan dan memenuhi target penjualan di akhir tahun.
“Kami juga akan mengajak kerjasama bank untuk program pembayaran cicilan 0% dan dengan e-wallet untuk menunjang proses transaksi selama pameran,” tambahnya.
HOMEDEC sebagai pameran homeshow untuk renovasi, redekorasi dan rekondisi rumah, tahun ini juga akan menyuguhkan ide, inspirasi, tren dan solusi untuk mewujudkan kebutuhan rumah impian bagi para homeowners. Selaras dengan misinya untuk terus berinovasi serta menciptakan pengalaman pameran yang bermutu bagi peserta dan pengunjung, HOMEDEC akan dikemas dengan berbagai konten dan kegiatan menarik.
Antara lain, HOMEDEC Talk yakni talk show seputar home living seperti feng shui, Korean room inspiration, pengelolaan air di rumah, smart home, gardening dan juga workshop/demo seperti cooking demo, DIY dekorasi rumah, latte art, dan lainnya.
Kemudian, Register & Win. Yakni, Undian hadiah untuk pengunjung dengan hanya mengisi form registrasi visitor. “Spend & Win, yaitu undian hadiah untuk pengunjung yang melakukan pembelanjaan di booth peserta pameran. Ada juga Best Deal yakni Promo dan diskon besar-besaran dari peserta pameran,” tambah R Arief Sofyan Rudiantoro.
Dia menambahkan, Lokal Produk Area memamerkan deretan produk dari brand lokal & UMKM. Sedangkan Zero Waste Campaign adalah kampanye bijak kelola sampah rumah tangga berkolaborasi dengan komunitas.
“Jangan lupa ada Kids Activities, yakni fun activities seperti mewarnai, papercraft dan lainnya di Kids Area,” tambahnya.
Melalui pameran, lanjut dia, brand dapat melakukan interaksi dan transaksi langsung. Pengunjung yang hadir dapat melihat demo produk dan memiliki pengalaman feel & touch produk yang mereka butuhkan.
Di sinilah HOMEDEC berperan sebagai connecting the dots antara peserta pameran, pengunjung, komunitas dan profesional melalui program yang disajikan. “Tahun ini HOMEDEC menargetkan total visitor sebanyak 25.000 untuk empat hari pameran,” pungkasnya. (ahmad)