Oleh: Teddi Prasetya Yuliawan (Dunamis Organization Services)
IPOL.ID – Akhir tahun 2022, kita melihat perkembangan yang signifikan dalam banyak hal. Dibandingkan 2021, organisasi yang menerapkan kebijakan kembali bekerja dari kantor meningkat. Kegiatan pariwisata makin marak, ditandai mudahnya tiket pesawat dan kereta yang habis jelang akhir tahun.
Konser-konser musik pun mulai menjamur, setidaknya bisa dilihat dari sebuah perusahaan yang saya kenal tak mendapatkan jadwal Sheila on 7 untuk manggung di perayaan ulang tahun mereka yang masih baru akan terjadi di kuartal 1 2023. Kita optimis 2023 akan lebih baik. Namun bagaimana agar optimisme ini bukan optimisme buta?
Adalah Scott Miller dalam karyanya Everyone Deserves a Great Manager menguraikan bahwa perubahan memerlukan setidaknya empat zona. Model perubahan yang ia kemukakan dalam buku ini menarik, sebab kita bisa berkaca ada di zona mana kita saat ini berada, dan bisa ke mana kita menuju. Zona pertama ia sebut sebagai Zona Stastus Quo. Ini adalah zona ketika banyak orang belum merasa perlu untuk berubah, meski stimulus perubahan itu sudah terbit di ufuk timur.